28 September 2013

[280913.ID.BIZ] Hore, Kereta Bandung-Cirebon Beroperasi Hari Ini

Bandung - Bagi anda yang terbiasa bepergian Bandung menuju Cirebon, kini mempunyai alternatif transportasi baru. Mulai hari ini, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) membuka jalur baru Bandung-Cirebon atau Ciremai Ekspres, dengan dua kali keberangkatan (PP).

Pembukaan jalur baru ini bertepatan dengan HUT PT KAI ke-68 hari ini, Sabtu (28/9/2013). Jadwal pemberangkatan KA Ciremai ekspres dari Stasiun Kejaksaan Cirebon pukul 04.35 WIB dan pukul 13.45 WIB, sedangkan jadwal pemberangkatan dari Stasiun Bandung pukul 09.15 dan 18.15 WIB.

KA yang terdiri dari satu kereta eksekutif dan empat kereta bisnis tersebut berdaya angkut 350 penumpang. Harga tiket untuk eksekutif Rp90 ribu dan bisnis Rp50 ribu. Waktu tempuhnya sekitar empat jam melintasi jalur Bandung-Cimahi-Cikampek-Jatibarang-Cihaurgeulis-Cirebon.

"Hari ini dilaunching Bandung-Cirebon, kalau Organda menolak, ya kita jalan terus. Aneh, bersaing kok takut," ujar Dirut PT KA Ignasius Jonan saat ditanya komentarnya soal penolakan Organda Jabar mengenai operasional Ciremai Ekspres.

Menurutnya dengan adanya kereta Bandung-Cirebon, masyarakat kini punya lebih banyak pilihan. "Lagipula kereta dan otobus beda, kita di rel, mereka di jalan. Lagipula apakah kita juga protes saat Cipularang dibuka? Enggak kan. Ya kita tingkatkan saja pelayanan," tegas Jonan.

Sementara itu Kepala Humas Daop 2 Bandung Jaka Djarkasih pembukaan jalur Bandung-Cirebon ini juga sesuai permintaan para pelanggan, terutama kalangan mahasiswa dan pelajar.

"Selama ini untuk Bandung-Cirebon dilayani kereta Harina (Bandung-Semarang), tapi itu kan sampainya malam. Kalau ini kan dari Bandung, bisa tiba ke Cirebon lebih siang," ujarnya.

Sumber : detikNews, 28.09.13,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar