01 November 2016

[011116.ID.BIZ] Kereta Api Kayutama-Lubuk Alung Resmi Beroperasi

JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (KAI) resmi mengaktifkan kembali pengoperasian jalur kereta api Kayutama- Lubuk Alung yang berada di Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat, Selasa (1/11). Rute ini menggunakan KA Perintis Railbus.

Dalam sekali perjalanannya KA tersebut bisa mengangkut 160 penumpang dengan waktu tempuh 38 menit untuk jarak tempuh 20 km. Ini terdiri dari 78 orang dengan tempat duduk dan 82 orang tanpa tempat duduk.

Masyarakat yang ingin menggunakan layanan jasa angkutan KA Perintis Railbus dapat membeli tiket di stasiun dengan harga Rp 3.000. Dirut PT KAI, Edi Sukmoro.mengatakan, pengoperasian KA Perintis Railbus ini merupakan salah satu bentuk pelayanan yang diberikan oleh Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan dan KAI kepada masyarakat.

"Kami berharap pengoperasian KA perintis ini dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat Padang dan sekitarnya akan moda transportasi massal yang nyaman, aman, dan bebas macet,” kata Edy dalam keterangan resmi, Selasa (1/11).

Untuk mempersiapkan pengoperasian KA Perintis ini, PT KAI sudah melakukan uji operasional kelaikan jalan pada lintas Lubukalung-Kayutanam selama bulan Juli-Agustus lalu.

KA Perintis Railbus bernama Lembah Anai ini akan beroperasi empat kali sehari dengan berhenti di Stasiun Kayutanam, Stasiun Sicincin dan Stasiun Lubukalung.

Adapun jadwal keberangkatan sebagai berikut:
KA 1 (Kayutanam-Lubukalung), berangkat dari St Kayutaman pukul 05.50 WIB, tiba di St Lubukalung pukul 06.28 WIB.
KA 2 (Lubukalung-Kayutanam), berangkat dari St Lubukalung pukul 07.05 WIB, tiba di St Kayutanam pukul 07.43 WIB
KA 3 (Kayutanam-Lubukalung), berangkat dari St Kayutanam pukul 13.50 WIB, tiba di St Lubukalung pukul 14.28 WIB.
KA 4 (Lubukalung-Kayutanam), berangkat dari St Lubukalung pukul 15.15 WIB, tiba di St Kayutanam pukul 15.53 WIB.

Sumber : Kontan, 01.11.16.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar