14 November 2016

[141116.ID.BIZ] Kendal Industrial Park Dinilai Ikon Baru

Bisnis.com, SEMARANG--Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Kendal Industrial Park di Jawa Tengah hasil kerja sama Indonesia-Singapura sebagai ikon baru hubungan bilateral kedua negara.

Presiden Jokowi saat pernyataan pers bersama Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Wisma Perdamaian, Semarang, Senin, menyinggung soal kerja sama investasi kedua negara.

Presiden menilai bentuk kerja sama di Kendal tersebut merupakan sebuah ikon baru dari hubungan bilateral kedua negara yang akan semakin ditingkatkan ke depannya.

"Khusus mengenai kerja sama investasi di Kendal Industrial Park, PM Lee dan saya sepakat bahwa kerja sama ini akan menjadi ikon baru hubungan bilateral," katanya.

Presiden juga menunjukkan komitmennya kepada pemerintah Singapura dalam pertemuan bilateral yang berlangsung sekira kurang lebih satu jam tersebut.

Kepada Perdana Menteri Singapura, Presiden menyampaikan komitmennya untuk menjadikan Indonesia sebagai negara tujuan investasi yang lebih kompetitif.

"Dalam pertemuan, saya telah jelaskan mengenai reformasi ekonomi dan juga hukum yang terus dilakukan Indonesia agar ekonomi Indonesia lebih kompetitif," ujarnya.

Selain itu, kedua negara juga sepakat memperkuat kerja sama di bidang pariwisata. Salah satu hal yang dibicarakan keduanya terkait pariwisata ialah pengembangan destinasi wisata baru di Indonesia.

"Penandatanganan nota kesepahaman kerja sama di bidang pariwisata diharapkan akan semakin memperkuat kerja sama kedua belah pihak di sektor pariwisata, termasuk pengembangan destinasi wisata baru di Indonesia," katanya.

Lebih lanjut, Presiden Joko Widodo mengungkapkan dukungan yang diberikan pemerintah Singapura dalam sejumlah isu regional dan internasional.

Termasuk di dalamnya ialah kerja sama dalam hal pemberantasan terorisme dan permasalahan seputar Laut Tiongkok Selatan.

Pertemuan keduanya sendiri merupakan kelanjutan dari pertemuan yang sempat tertunda.

Saat pertemuan berlangsung, Presiden mengatakan bahwa Singapura merupakan mitra penting Indonesia yang pada tahun depan menandakan hubungan kedua negara yang telah berlangsung selama 50 tahun.

"Singapura merupakan mitra penting Indonesia di berbagai bidang. Tahun depan Indonesia dan Singapura akan memperingati 50 tahun hubungan diplomatik," ucapnya.

Sumber : Antara – Bisnis Indonesia, 14.11.16.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar