04 November 2016

[041116.ID.BIZ] Pelindo Kembangkan Infrastruktur Untuk Pangan

JAKARTA. PT Pelabuhan Indonesia (Persero) I akan fokus membangun infrastruktur pelabuhan yang memfasilitasi transportasi logistik khusus pangan. Tujuannya adalah untuk mengurangi biaya pengiriman dan meningkatkan kualitas produk pangan.

"Mulai 2016 kami memberikan perhatian pada sektor pangan. Di Belawan (Sumatera Utara) tahun ini dibangun 'cold storage'," kata Direktur Utama Pelindo I, Bambang Eka Cahyana, Kamis (3/11).

Gudang pendingin, bisa meningkatkan ketahanan atau memperpanjang masa kedaluwarsa produk pangan sebelum di ekspor ke luar negeri. "Sebelum ada cold storage, mereka kirim setelah kapal masuk. Truk diperlukan banyak, belum lagi kualitas menurun karena tidak masuk cold storage," kata Bambang.

Pembangunan gudang penyimpanan pendingin di Belawan tersebut merupakan rencana jangka pendek Pelindo I. Sementara rencana jangka menengah Pelindo I ialah membangun cluster khusus pengolahan pangan di pelabuhan Tanjung Balai Sumatera Utara.

"Selama ini 'food processing' dan pangan tidak dapat perhatian. Kita lebih bicara ke fasilitas manufaktur akibatnya dari Jawa masuk ke Belawan, langsung ekspor. Kita kuat kan cluster di pelabuhan yang akan didistribusikan lebih lanjut. Itu akan menurunkan biaya logistik," kata dia.

Sementara proyek jangka panjang Pelindo I ialah membangun infrastruktur pengolahan pangan di semua pelabuhan milik Pelindo I.

Sumber : Kontan, 03.11.16.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar