06 November 2016

[061116.ID.BIZ] Bangun Kuala Tanjung, Pelindo I Butuh Rp 11 T

JAKARTA. PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I menargetkan pembangunan fisik pelabuhan Kuala Tanjung di Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara tahap kedua bisa dilakukan pada tahun 2017. Proyek tersebut membutuhkan dana investasi sekitar Rp 8 triliun hingga Rp 11 triliun.

Direktur Utama Pelindo I, Bambang Eka Cahyana mengatakan, "Pelindo I sudah mesti memulai konstruksi fisik pada semester II tahun depan untuk pelabuhan Kuala Tanjung tahap kedua. Pembangunan pelabuhan tersebut akan bekerja sama dengan pengembang pelabuhan asal Belanda, Port of Rotterdam. Selain itu, perusahaan juga akan mencari investor lain.

Adapun sumber pendanaan pembangunan tersebut berasal dari kas internal. Sisanya, berasal dari dana penawaran saham perdana alias initial public offering (IPO) anak perusahaan. Pelindo I mengestimasikan bisa menggenggam dana US$ 200 juta hingga US$ 250 juta dari IPO tersebut.

"IPO anak perusahaan akan dilakukan tahun depan. Saat ini, kami masih melakukan diskusi dengan Danareksa dan Kementrian BUMN untuk IPO tersebut sehingga pelaksanaannya jangan sampai bertabrakan dengan IPO anak usaha BUMN lainnya," ujarnya, Kamis (3/11)..

Sementara itu, pelabuhan Kuala Tanjung tahap pertama ditargetkan bisa beroperasi pada kuartal II-2017. Sedangkan untuk tahap kedua diperkirakan akan beroperasi pada 2019.

"Untuk tahap kedua ini, kami akan menyatukan kawasan industri dengan pelabuhan, sehingga prosesi industri akan berada di dekat pelabuhan dan bisa menekan biaya transportasi untuk bahan baku maupun bahan jadi karena menjadi lebih terintegrasi," ujar dia.


Sumber : Kontan, 03.11.16.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar