11 Oktober 2012

[111012.ID.BIZ] Rakor BUMN : Pemerintah Bagi BUMN Dalam 3 Kelompok Besar



YOGYAKARTA:   Rapat koordinasi BUMN dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono  mengangkat tema optimalisasi BUMN menjadi perusahaan yang bersih, efisien, dan lokomotif pertumbuhan.

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan untuk mencapai hal tersebut, pihaknya  telah mengelompokkan BUMN ke dalam tiga kelompok besar yakni BUMN sebagai  penjaga ketahanan nasional, sebagai mesin pertumbuhan (enginee of growth),  dan kepeloporan dalam hal teknologi, daya saing, dan kesejahteraan, yang  diharapkan mampu bersaing secara internasional.

"BUMN ini kan milik negara, bukan swasta, sehingga kehadirannya itu harus  ada alasan. Kami kelompok BUMN dalam tiga kelompok besar yakni ketahanan  nasional, enginee of growth, dan Jagoan internasional. Dari 141 BUMN yang  ada, sekitar 110 BUMN hadir dalam rakor hari ini, karena yang lainnya  sebenarnya tinggal mayat tetapi belum dikubur," ujarnya dalam presentasi  pembukaan, Rabu (10/10/2012).

Dia mengatakan bagi BUMN yang belum termasuk dalam tiga kelompok besar itu, metamorfosis yang dapat dilakukan bisa melalui perubahan sektor  bisnis, atau aksi korporasi melalui merger atau akuisisi atau penjualan  strategis (strategic sales).

"Kalau belum termasuk ke tiga kelompok itu dan tidak mau dibubarkan, maka  BUMN tersebut bisa bergabung [merger atau akuisisi] ke salah satu BUMN,  bisa juga mengubah line bisnis, atau bisa juga dijual [strategic sales].  Tapi untuk dijual kan tetap harus disehatkan dulu," ungkapnya. (if)

Sumber : Bisnis Indonesia, 10.10.12.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar