18 Oktober 2012

[181012.ID.BIZ] Indonesia – Malaysia : Pendirian 2 Dry Port Pacu Arus Perdagangan


JAKARTA: Perdagangan antara Malaysia dan Indonesia akan semakin meningkat di masa mendatang seiring   dibangunnya dry port di kawasan Entikong, Kabupaten Sanggau Indonesia dan Pelabuhan Tebedu Inland di Serawak Malaysia.

"Peningkatan kapasitas dagang di antara kedua negara pada Asean Economic Community 2015 akan dapat dilakukan dengan dukungan pelabuhan ini," ujar Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang Perdagangan, Distribusi dan Logistik Natsir Mansyur, Kamis (18/10).

Menurutnya, wilayah Kuching di Serawak merupakan potensi yang besar bagi Indonesia, terutama Kalimantan untuk memasuki Malaysia.

Natsir menuturkan ada peluang ekspor Indonesia ke Serawak yang sangat dibutuhkan, meliputi makanan, produk tekstil dan manufaktur.  "Arus barang kita dapat memasuki dry port yang ada di Entikong, lalu berlanjut ke pelabuhan Tebedu Inland untuk kemudian didistribusikan di wilayah Malaysia."

Jadi, lanjutnya, dalam waktu dekat dryport yang ada di Entikong dan di Badau serta pelabuhan Tebedu (Malaysia) dapat disinergikan agar transaksi perdagangan lebih meningkat.

Meningkatnya perdagangan antara Indonesia dan Malaysia di kawasan itu terlihat dari kapasitas yang mencapai 600 TEUs saat 6 bulan pertama operasi di Pelabuhan Tebedu dan hingga kini kapasitasnya meningkat hingga 1.000 TEUs.

"Pelabuhan Tebedu dihubungkan dengan jalan khusus sepanjang 800 meter dengan dry port di Entikong yang pembangunan fisiknya beroperasi 2013," ungpanya. (if)

Sumber : Bisnis Indonesia, 18.10.12.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar