21 Oktober 2012

[211012.ID.SEA] Jasa Pelayaran : 3 Maskapai Siap Layani Kontainer Domestik Dari Terminal Semarang

SEMARANG: Sedikitnya tiga maskapai pelayaran siap mengawali angkutan kontainer domestik di Pelabuhan Tanjung Emas, setelah terminal peti kemas antar pulau diresmikan di lingkungan Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) beberapa waktu lalu.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Indonesian National Shipowners Assosiation (INSA) Semarang, Ridwan mengatakan dengan dibukanya layanan terminal kontainer domestik di TPKS, saat ini sudah ada tiga perusahaan pelayaran kontainer siap melayani rute antar pulau dari maupun menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Ketiga maskapai pelayaran yang telah siap itu, lanjutnya, lanjutnya, terdiri PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL), PT Samudera Shipping Services (SSS), dan PT Alken Lines.

“Home base ketiga perusahaan pelayaran itu berada di Surabaya, dan mereka siap kami tarik ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang untuk menggarap pelayaran rute Semarang-Kalimantan, meskipun kini terdapat lebih dari tiga perusahaan yang berminat melayani pelayaran kontainer domestik tersebut,” ujarnya, kepada Bisnis, Minggu (21/10).

Operator pelayaran, lanjutnya, berencana akan melayani pelayaran rute Semarang-Kalimantan, terutama tujuan Banjarmasin sebanyak satu kali seminggu, atau sebulan empat call, mengingat potensi muatan terbesar sejumlah komoditi yang bisa diangkut dari Jateng masih didominasi untuk tujuan Kalimantan.

“Mereka saat ini sedang menentukan besaran freight atau tarif angkutya yang pantas, mengingat layanan terminal kontainer domestik di TPKS Pelabuhan Tanjung Emas Semarang baru resmi dibuka, sehingga masih perlu memetakan potensinya agar bisa diterima pengguna jasa,” tuturnya.

Dia mengatakan untuk sekali berlayar, operator pelayaran itu mengharapkan minimal terdapat sebanyak 100-150 kontainer yang bisa diangkut dari Semarang, sehingga biaya operasional bisa ditekan. (k39/arh)


Sumber : Bisnis Indonesia, 21.10.12.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar