05 Desember 2013

[051213.ID.BIZ] Apple Beli Topsy Labs Inc US$200 Juta

Bisnis.com, SAN FRANCISCO - Apple Inc. punya senjata baru untuk melihat tren kemunculan merek mereka di Twitter seiring dengan pembelian perusahaan data analisis Topsy Labs Inc.

Seperti dilansir Bloomberg, seorang sumber yang mengetahui langsung transaski itu, tetapi menolak disebut namanya mengatakan Apple membayar lebih dari US$200 juta untuk Topsy.

Topsy adalah startup yang berbasis di San Francisco yang digunakan oleh perusahaan untuk menganalisis sentimen konsumen di Twitter, baik itu tanggapan terhadap acara TV atau politik.

Perusahaan ini merupakan salah satu dari beberapa mitra yang memiliki akses real-time ke pesan di layanan microblogging itu, dan dapat mencari setiap tweet yang diterbitkan sejak 2006.

Analis eMarketer Inc. Debra Aho Williamson mengatakan akses terhadap informasi tentang apa yang sedang dibahas di Twitter dapat diintegrasikan dalam berbagai produk Apple.

Hal itu termasuk untuk meningkatkan hasil pencarian dalam layanan berbasis suara Siri milik Apple, analisis pada layanan mobile iAd, atau untuk memberi rekomendasi ketika akan berbelanja di iTunes dan App Store.

Debra menyebut transaksi ini memiliki poin penting karena Topsy adalah salah satu dari sedikit perusahaan yang memiliki akses ke Twitter dan dapat melakukan analisis real-time dari tren dan diskusi yang terjadi dalam layanan microblogging itu.

"Apple membeli perusahaan teknologi kecil dari waktu ke waktu, dan kami umumnya tidak membahas tujuan atau rencana kami," kata Kristin Huguet, juru bicara Apple.

Dia menolak untuk mengomentari bagaimana teknologi Topsy akan digunakan kelak atau berapa banyak yang harus dibayar oleh perusahaan yang berbasis di Cupertino, California itu.

Sementara itu, CEO Topsy Duncan Greatwood sejauh ini belum memberikan komentar.

Apple sendiri tengah meningkatkan kecepatan akuisisi. Bulan lalu mereka membeli PrimeSense, pembuat teknologi motion-tracking asal Israel.

Tahun ini mereka juga telah mengakuisisi perusahaan software navigasi Embark, layanan daring transit-navigation HopStop.com, peta lokasi bisnis perusahaan Locationary, dan WifiSLAM.

WifiSLAM adalah perusahaan yang membuat teknologi untuk mengidentifikasi lokasi ketika pengguna smartphone berada di dalam gedung.


Sumber : Bisnis Indonesia, 03.12.13.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar