29 Desember 2013

[291213.ID.BIZ] Pelayanan KAI Natal & Tahun Baru 2014 Dinilai Cukup Baik

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) mengapresiasi kinerja PT Kereta Api Indonesia (KAI) dalam menyelenggarakan angkutan Natal dan Tahun Baru 2014. Pasalnya, lalu lintas menggunakan kereta jarak jauh kini dinilai lebih tertib dibandingkan beberapa tahun lalu.

Ketua Forum Perkeretaapian MTI Djoko Setijowarno mengatakan suasana di sekarang suasana di stasiun menjadi lebih bersih. Selain itu, pembelian tiketpun bebas praktik percaloan.

“Secara operasional pelayanan KAI sudah bagus. Tapi persoalannya sekarang menyangkut armada keretanya. Kereta-kereta itu sudah tua dan harusnya diganti,” tuturnya kepada Bisnis, Rabu (25/12/2013).

Jika tak dilakukan peremajaan armada kereta khususnya untuk jarak jauh secara menyeluruh hanya akan membebani KAI sendiri. Sebab, biaya operasional termasuk pemeliharaan kereta api tua semakin mahal.

Djoko juga menyarankan agar KAI melakukan penyempurnaan pada beberapa fasilitas di kereta. Misalnya, ruangan di kelas eksekutif sebaiknya dibuat lebih kedap suara, kerusakan kecil pada pintu kereta sebaiknya segera diperbaiki, dan kebersihan toilet terus dijaga.

“KAI sebetulnya sekarang dalam pelayanan untuk mendapatkan tiket sudah lebih baik, tidak lama. Tinggal penyempurnaan perjalanan di dalam gerbong, ini yang penting,” ujarnya.

Selama musim libur Natal dan Tahun Baru, terdapat 58 armada kereta yang siap berangkat melayani masyarakat di daerah operasi (daops) 1 Jakarta. Armada ini terdiri dari 50 kereta api regular dan 8 lainnya KA tambahan.


Sumber : Bisnis Indonesia, 25.12.13.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar