18 Desember 2013

[181213.ID.SEA] Utang Jatuh Tempo Pelindo II Rp 4 Triliun

TEMPO.CO, Jakarta -- Serikat Pekerja PT Pelindo II Persero menuding PT Pelindoo (Persero) dipimpin orang yang salah. Mantan Senior VP Keuangan Pelindo II M. Iqbal mengatakan perusahaan yang bergerak di bidang pelabuhan itu memiliki utang sebesar Rp4 triliun, yang akan jatuh tempo pada Agustus 2014.

"Utang itu seharusnya jatuh tempo tahun ini, namun diperpanjang hingga Agustus 2014 karena belum ada komitmen dana dari pihak manapun," kata Iqbal di Jakarta 18 Desember 2013

Ia menuturkan utang jatuh tempo tersebut merupakan kredit modal kerja (KMK) yang berasal dari PT Bank Mandiri Tbk dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. Menurut dia, fasilitas kredit dari kedua perbankan pelat merah tersebut digunakan untuk pengembangan terminal Kalibaru Pelabuhan Tanjung Priok.

Untuk membayar utang itu, manajemen kata dia tengah mengusahakan fasilitas kredit jangka panjang kepada lembaga internasional sekitar US$ 2 miliar. Perseroan juga sudah mempercayakan penasehat keuangan kepada PT Rothschild Indonesia. "Kami tidak mempermasalahkan kita mau pinjam atau utang. Yang kami pertanyakan adalah tata kelolanya," katanya.

Penyebab salah urus itulah Ketua Serikat Pekerja Kirnoto mengancam bahwa pegawai akan melakukan demo pada 23 dan 24 Desember nanti. Adapun tuntutan demo bertujuan agar Menteri Badan UsahaMilik Negara Dahlan Iskan memecat RJ Lino dari jabatannya sebagai Direktur Utama.


Sumber : Tempo, 19.12.13.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar