09 Maret 2014

[090314.ID.AIR] Lokasi Jatuhnya MALAYSIA AIRLINES (MH370) Tunjukkan Titik Terang

Bisnis.com, JAKARTA - Upaya pencarian lokasi hilangnya pesawat Boeing 777-200ER Malaysia Airlines (MH370) mulai menunjukkan titik terang.

Menurut AP, otoritas Vietnam telah menyatakan pada hari ini (9/3/2014) bahwa sebuah pesawat yang terbang rendah telah melihat benda persegi panjang di perairan, sekitar 90 kilometer (56 mil) selatan dari Pulau Tho Chu, daerah dimana juga sempat terlihat gumpalan minyak pada Sabtu. Media Vietnam berspekulasi benda itu kemungkinan bagian dari pesawat yang hilang.

Pham Viet Dung, pejabat otoritas sipil Vietnam mengatakan pihaknya telah memerintahkan tim pencari Vietnam dan negara-negara lain untuk mengirim kapal ke lokasi penemuan guna memeriksa benda tersebut.

Pesawat yang hilang diduga jatuh dari langit pada ketinggian di cuaca cerah, dan pilot entah mampu atau tidak memiliki waktu untuk mengirim sinyal darurat.

Kepala Staf Angkatan Udara Malaysia, Rodzali Daud, mengatakan radar menunjukkan bahwa pesawat mungkin menyadari situasi yang terjadi, tapi tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang arah mana ia pergi atau seberapa jauh itu menyimpang dari jalur penerbangan.

"Kami berusaha untuk memahami hal ini. Radar militer menunjukkan bahwa pesawat mungkin telah berbalik arah dan di beberapa bagian, ini dikuatkan oleh radar sipil."

Sementara di laman Wall Street Journal, surat kabar Tienphong yang dikelola oleh Pemerintah Vietnam melaporkan bahwa Malaysia telah meminta Otoritas Penerbangan Sipil Vietnam (CAA) untuk memungkinkan lima kapal Malaysia memasuki Perairan Vietnam guna mencari fragmen mengambang yang diduga bagian dari pesawat Malaysia Airlines.

Sumber : Bisnis Indonesia, 09.03.14.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar