23 Maret 2014

[230314.ID.BIZ] Proyek Rel Ganda Jakarta-Surabaya Sisakan Pengerjaan 6 Km

Bisnis.com, SEMARANG--Pembangunan rel ganda atau doble track Jakarta-Surabaya menyisakan pengerjaan 6 kilometer di jalur Stasiun Jerakah-Stasiun Poncol di wilayah Daerah Operasional IV Semarang.

Pengerjaan rel ganda Jerakah-Poncol sempat terkendala pembebasan lahan, namun telah diselesaikan PT Kereta Api Indonesia Persero sehingga proyek mendesak dilanjutkan.

Kepala Daop IV Semarang Wawan Ariyanto memperkirakan aktivasi jalur Jerakah - Poncol paling lambat akhir Maret sehingga dengan harapan tidak mengganggu rencana awal operasionalisasi jalur Jakarta - Surabaya pada akhir April.

"Pembebasan lahan sudah selesai, tinggal mengerjakan sisa jalur sepanjang 6 kilometer di wilayah Daop IV," ujarnya, Sabtu (22/3/2014).

Operasionalisasi rel ganda sepanjang 727 dari wilayah barat hingga timur wilayah Jawa itu diperkirakan sesuai target mengingat beberapa double track sudah diaktifkan.

Wawan menyatakan operasionalisasi rel ganda bakal mampu menambah frekuensi perjalanan kereta api (KA) hingga dua kali lipat sekaligus menghemat 200 persilangan per hari.

"Daop IV ada 100 loko dengan 1.200 gerbong dan ada 92 rangkaian KA yang beroperasi, rangkaian itu bisa meningkat dua kali lipat pascadouble-track," ujarnya.


Sumber : Bisnis Indonesia, 23.03.14.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar