27 Maret 2014

[270314.ID.BIZ] Lahan Industri di Karawang Agar Cepat Dibangun

Bisnis.com, JAKARTA - Himpunan Kawasan Industri berharap para pengembang yang memiliki lahan dengan peruntukan kawasan industri di Karawang, Jawa Barat mulai merealisasikan pengembangan menyusul tertutupnya peluang perluasan lahan di Karawang oleh pemerintah daerah setempat.

Ketua Himpunan Kawasan Industri Sanny Iskandar mengatakan hingga saat ini masih tersedia lahan peruntukan industri yang dimiliki oleh pengembang dan belum dikembangkan. Realisasi pengembangan tersebut, ujarnya, untuk memenuhi permintaan yang masih terus bertumbuh di kawasan tersebut.

“Kami meminta pengembang untuk merealisasikannya,” ujarnya kepada Bisnis, baru-baru ini.

Dengan masih tingginya permintaan akan lahan kawasan industri, pemanfaatan seluruh lahan peruntukan industri di Karawang, lanjutnya, akan memberikan peluang bagi perluasan area baru. Sanny meyakini bila lahan tersebut sudah terserap seluruhnya, Pemda Karawang masih akan menjajaki kemungkinan perluasan lahan.

“Kalau tetap ada permintaan, saya yakin mereka akan mempertimbangkan,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Karawang menyatakan telah menutup peluang perluasan lahan industri di Karawang. Bupati Karawang Ade Swara mengatakan perluasan tidak akan dilakukan lagi karena zona dan kawasan industri 20.000 hektare saat ini telah habis terpakai.

Menurutnya, berdasarkan Peraturan Daerah No.02/2013 tentang RTRW, sudah tidak ada lagi perluasan zona industri di Karawang. Kendati ditetapkan pusat untuk sebagai pusat industri, lanjutnya, Karawang ingin mempertahankan predikat sebagai lumbung padi nasional dengan mempertahankan lahan pertanian yang ditetapkan seluas 9.700 ha.

Sumber : Bisnis Indonesia, 27.03.14.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar