18 Maret 2014

[180314.ID.BIZ] Sampoerna Tawarkan Pensiun Dini Ke Ratusan Karyawan

Bisnis.com, MALANG —Tawaran pensiun dini yang disampaikan Pabrik Rokok (PR) Sampoerna kepada ratusan karyawannya di Kota Malang, Jawa Timur, sebaiknya dibicarakan lebih lanjut dengan matang guna menghindari kemungkinan terjadinya efek domino dari keputusan tersebut atau guna mencapai upaya win-win solution.

Ketua Komisi III DPR RI, Pieter C Zulkifli, mengatakan pihaknya menyarankan kepada pihak Sampoerna untuk membicarakan masalah tersebut lebih lanjut dengan pihak terkait dalam hal ini Menteri Keuangan (Menkeu) maupun Komisi XI DPR RI.

“Dalam hal ini Sampoerna memiliki alasan atau policy yang kuat terkait tawaran (pensiun dini) tersebut namun harapan kami sebaiknya Sampoerna perlu menyampaikan hal-hal yang positif kepada Komisi XI maupun Menkeu atas rencana tersebut,” kata Pieter di Malang, Selasa (18/3/2014).

Melalui pembicaraan yang komprehensif diharapkan tercapai kebijakan yang win-win solution. Mengingat langkah yang diambil PR Sampoerna tersebut bertolak belakang dengan upaya pemerintah dalam menekan 

pengangguran. Jika kebijakan tersebut diberlakukan maka dikuatirkan akan menambah jumlah pengangguran.
Menurutnya industri rokok dalam kurun beberapa tahun terakhir sejak terbitnya Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) No.179/2012 tentang tarif cukai hasil tembakau memang membuat sejumlah pabrik rokok utamanya skala kecil terancam eksistensinya.

“Karena rokok skala kecil tidak akan bisa bersaing dengan pabrikan besar,” jelas dia.

Karena itu Komisi III berharap perlu ada peninjauan ulang utamanya menyangkut apakah pabrik rokok skala kecil siap terkait dengan kebijakan tersebut. Mengingat pabrik rokok mampu menyedot ribuan tenaga kerja. Jumlah industri rokok di Jawa Timur termasuk yang terbesar dan nomor dua setelah Kudus Jawa Tengah.

Sumber : Bisnis Indonesia, 18.03.14 / Kredit Foto : TribunNews.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar