01 Desember 2015

[011215.ID.BIZ] Pertamina-KAI Kerja Sama Optimalisasi Aset dan Konversi LNG

JAKARTA: PT Pertamina dan PT KAI menyepakati kerja sama optimalisasi aset dan penggunaan gas alam cair LNG untuk kereta. Kerja sama dalam rangka sinergi BUMN ini ditandai dengan penandatangan nota MoU, yang dilakukan oleh DU Pertamina, Dwi Soejipto dan DU KAI, Edi Sukmoro di kantor Pertamina, Jakarta.

Dwi mengatakan, penggunaan LNG bagi KAI dinilai akan mampu menekan biaya bahan bakar hingga 40%. Namun, konversi penggunaan high speed diesel (HSD) menjadi gas alam cair bagi kegiatan operasional kereta itu harus melalui serangkaian kajian terlebih dahulu. Kajian itu antara lain, spesifikasi mesin, ketersediaan tangki, dan tempat pengisiannya.

Jangan berhenti di MoU, tapi bagaimana implementasinya. Ini jadi proyek untuk mengembangkan infrastruktur. Dwi menuturkan, kerja sama ini juga terkait optimalisasi aset. Pertamina bisa menempatkan jalur pipa gas miliknya dengan memanfaatkan jalur kereta.

Dengan kerja sama ini, kendala pembebasan lahan dalam menempatkan pipa terselesaikan. Pengangkutan ini pun melalui kajian terlebih dahulu.

Di tempat yang sama, Dirut PT KAI Edi Sukmoro menambahkan, diversifikasi bahan bakar bagi perkeretaapian di Indonesia mutlak dilakukan. Namun dia belum bisa memastikan kapan akan dilakukan.

"Ke depan, konversi ke gas atau listrik. Manakala kita lakukan konversi energi, maka bisa menurunkan tarif kereta," ujarnya.


Sumber : Beritasatu, 28.08.15.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar