11 Januari 2016

[110116.EN.BIZ] Fantastis, Kakao Corp Akuisisi MelOn US$1,6 Miliar


Bisnis.com, SEOUL - Operator aplikasi chatting Kakao Corp siap mengakuisisi salah satu penyedia layanan musik streaming terbesar di Korea Selatan seharga US$1,6 miliar.

Manajemen perusahaan mengungkapkan proses akuisisi ini sama dengan menguasai kepemilikan 76,4% saham Loen Entertainment di MelOn. Seperti diketahui, Loen juga memiliki label rekaman sendiri dengan artis K-Pop yakni IU.

Proses kesepakatan ini merupakan terbesar sejak 2014 saat Kakao melakukan merger dengan Daum, salah satu perusahaan mobile chatting dengan pengguna terbesar di Korsel sekaligus perpustakaan musik digital terbesar.

Aksi ini juga memperlihatkan kekuatan Kakao dalam menguasai pangsa dalam negeri, sebelum Spotify, aplikasi musik streaming asal Swedia menyerbu masyarakat negeri Gingseng.

Menurut Hana Financial Investment, potensi uang yang bisa diraup lewat aplikasi musik streaming bisa mencapai US$406 juta pada 2015.

"Dengan menggabungkan Kakao di berbagai platform dan layanan konten serta konten musik terkemuka di Loen, kami berharap sinergi yang luar biasa yang bisa membangun fondasi yang kuat untuk ekspansi global," Kakao Chief Executive Jimmy Rim seperti dikutip Reuters, Senin (11/1/2016).

"Akuisisi ini adalah langkah yang tepat dari perspektif jangka panjang, karena perusahaan yang tertinggal seperti Naver dalam hal penawaran konten," kata analis LIG Investmen Kim Sung-eun.

Sumber : Bisnis Indonesia, 11.01.16.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar