20 Januari 2016

[200116.ID.BIZ] Bapak Kiamat: PDB China Dekati Level 4%


NEW YORK. Dalam wawancara dengan CNBC, Marc Faber yang juga dijuluki Bapak Kiamat menilai, perekonomian China tidak tumbuh mendekati data resmi pemerintah China.

Faber yang juga merupakan penulis The Gloom, Boom, & Doom Report menambahkan, ekonomi China hanya tumbuh di kisaran 4%, jauh dari target yang ditetapkan Beijing 7%, atau 6,9% yang saat ini dicapai.

"Perekonomian suatu negara itu sangat kompleks, ada sejumlah sektor yang tumbuh dan ada yang terkontraksi. Penilaian saya, ekonomi China hanya tumbuh sekitar 4% per tahun dan bahkan bisa lebih rendah," jelas Faber.

Sekadar mengingatkan, berdasarkan data yang dirilis Selasa (19/1), tingkat Produk Domestik Bruto (PDB) China pada 2015 melambat menjadi 6,9% dan merupakan terendah dalam 25 tahun terakhir. Sedangkan tingkat PDB China pada kuartal IV berada di level 6,8%.

Kedua data tersebut sesuai dengan ekspektasi.

"Ada sejumlah indikator yang cukup reliable atas analisa saya. Jika Anda melihat impor dan ekspor dari Taiwan dan Korea Selatan ke China, Anda akan melihat ekonomi mereka sangat lemah," papar Faber.

Pada pekan lalu, China melaporkan, tingkat ekspor mereka pada Desember turun 1,4% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Sedangkan tingkat impor turun 7,6%. Kedua data ini lebih rendah dari prediksi ekonom, namun masih menunjukkan penurunan ekspor selama enam tahun berturut-turut.

Sebagai tambahan, Faber juga mencemaskan mengenai utang China yang berada di posisi bearish.

"Kami melihat adanya gelembung pada utang di China dan pendapat saya hal ini harus dikurangi dengan kerugian besar di sektor perbankan atau kerugian di pasar obligasi bagi investor," ujarnya.

Catatan saja, total utang eksternal outstanding China pada akhir September mencapai US$ 1,53 triliun.

Tak hanya itu, lanjut Faber, pasar saham China juga mengalami market bubble dan saat ini mulai terjadi penurunan tajam.

Sumber : Kontan, 20.01.16.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar