16 Juni 2016

[160616.ID.BIZ] BRI Incar "National Payment Gateway" e-commerce

JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menargetkan kedepannya bisa menjadi national payment gateway terbesar di bisnis e-commerce.

Hal ini didukung dengan adanya satelit BRISat yang rencananya akan diluncurkan pada pertengahan Juni ini.

Selain itu, untuk mewujudkan target tersbut, pada Kamis (16/6) ini BRI melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bank BRI dengan beberapa merchant online.

Direktur Consumer Banking BRI, Sis Apik Wijayanto mengatakan, saat ini BRI sudah mempunyai beberapa platform untuk mensukseskan diri menjadi national payment gateway terbesar di bisnis e-commerce.

Sis mengatakan di sistem pembayaran e-commerce, BRI mempunyai e-pay BRI yang telah memiliki lebih dari 100 merchant online dengan beragam jenis usaha di seluruh Indonesia.

“Selain itu, e-pay BRI juga memiliki keunggulan yaitu source pembayaran uang elektronik T-bank, sehingga dapat digunakan bagi mereka yang belum memiliki rekening,” ujar Sis Apik, Kamis, (16/6).

Sebagai informasi, menurut Sis, E-pay sebagai produk e-commerce BRI telah dikembangkan sejak tahun 2012.

Dari berbagai sisi, e-pay BRI selalu menunjukkan trend yang positif. Untuk transaksi e-pay BRI per posisi April 2016, tercatat kenaikan sebesar 309% year on year. Sedangkan dari sisi merchant, rata-rata penambahannya tercatat 20% setiap tahunnya.

Selain e-pay BRI, Sis mengatakan Bank BRI memiliki produk kartu kredit yang juga dapat digunakan dalam sistem pembayaran pada bisnis e-commerce.

Sebagai informasi, Bank BRI telah mengembangkan produk kartu kredit berbagai jenis sejak tahun 2016, mulai dari kartu kredit standard, gold, platinum, visa touch, visa infinite, corporate card, business card dan co-branding.

Hingga saat ini, jumlah pemegang kartu kredit Bank BRI tercatat sebanyak 1,23 juta cardholder, dengan rata-rata transaksi sebesar Rp. 397 milyar per bulan.

Untuk kartu kredit BRI menurut Sis, tercatat beberapa fitur yang bisa dimikmati merchant dan nasabah adalah Visa 3D Ssecure, SMS notifikasi untuk setiap transaksi, program promo menarik, serta free alias tanpa dipungut annual fee bagi cardholder (free annual fee for life).

Khusus untuk kartu kredit BRI dalam kaitannya dengan transaksi e-commerce, Sis Apik mengatakan saat ini Bank BRI telah menjalin kerjasama dengan lebih dari 50 merchant baik untuk program regular seperti Cicilan 0% dengan tenor sampai dengan 24 Bulan, maupun program tactical untuk momen tertentu. Merchant-merchant e-commerce yang bekerjasama dengan Bank BRI beraneka ragam seperti market place, segmented, maupun general.

Adapun rata-rata transaksi perbulan pada merchant e-commerce, yaitu sebesar 2.868 transaksi dengan sales volume rata-rata sebesar Rp 10,5 miliar.

Selain program promo, kerjasama yang terjalin antara Bank BRI dan merchant e-commerce, yaitu dalam hal layanan payment gateway.

Sampai saat ini merchant e-commerce yang telah memiliki payment gateway Bank BRI seperti McDelivery.co.id, Go-Tix, Tokopedia, dan sebagainya.

Sumber : Kontan, 16.06.16.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar