28 Juni 2016

[280616.ID.BIZ] Matahari Tunjuk CEO Baru

Jakarta - PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) menetapkan Richard Gibson sebagai chief executive officer (CEO) yang baru. Richard yang saat ini bertugas sebagai chief financial officer (CFO), bakal efektif menggantikan Michael Remsen mulai 15 Agustus 2016.

“Michael Remsen yang selama delapan tahun memimpin perseroan bersama timnya telah memberikan kontribusi peningkatan bisnis menjadi lebih dari Rp 16 triliun. Rencana strategis telah disusun untuk terus meningkatkan pertumbuhan bisnis Matahari pada tahun-tahun mendatang,” kata Presiden Komisaris Matahari Jhon Bellis dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (27/6).

Jhon Bellis mengungkapkan, sehubungan dengan rencana suksesi dari Matahari, tujuan perseroan dan CEO yang saat ini bertugas adalah mengidentifikasi CEO baru sebelum masa jabatan CEO yang akan berakhir pada Juni 2017. Selama beberapa bulan terakhir, dewan komisaris yang dipimpin presiden komisaris telah mengindentifikasi dan mengevaluasi beberapa kandidat, baik dari internal maupun eksternal.

“Dewan komisaris mengucapkan terima kasih kepada Michael Remsen untuk dedikasi dan kerja kerasnya. Kami juga mengucapkan selamat atas posisi barunya dan mendoakan kesuksesan untuk membawa Matahari menjadi lebih maju. Para dewan pun mengucapkan selamat kepada Richard untuk penunjukannya sebagai CEO baru Matahari dan mendoakan kesuksesan di masa depan,” papar Jhon Bellis.

Dia menjelaskan, komite nominasi dan remunerasi yang telah memilih Richard Gibson akan memberikan waktu peralihan selama 12 bulan kepada Michael Remsen yang akan memegang peranan sebagai ketua komite eksekutif baru yang akan berada di bawah dewan komisaris.

Selain itu, menurut Jhon Bellis, komite memberikan waktu peralihan kepada Richard untuk mempersiapkan kepemimpinannya di perseroan pada 2017. Michael akan terus bekerja dengan Matahari Department Store dan akan membentuk platform guna terus mendukung perkembangan bisnis ritel Matahari.

Richard Gibson bergabung dengan Matahari sejak Mei 2010. Selama enam tahun terakhir sebagai CFO, Richard telah memberikan banyak kontribusi yang siginifikan kepada perseroan. “Richard mendapatkan kepercayaan dari tim Matahari dan komunitas investasi secara umum,” tutur Jhon Bellis.

Dia menambahkan, Richard Gibson telah berpengalaman selama lebih dari 25 tahun dan memulai karirnya di Debenhams London. Richard Gibson juga pernah memegang berbagai posisi sebagai vice president of finance di Warner Brothers Stores, retail global controller untuk divisi ritel Nike di seluruh dunia, CFO David’s Bridal, divisi dari May Department Stores, dan CFO Orchard Supply Hardware, divisi dari Sears.

Michael Remsen mengatakan, Richard telah mejadi rekan kerja yang luar biasa dan telah membantu perkembangan bisnis serta meningkatkan keuntungan perseroan. “Beliau merupakan kandidat yang ideal untuk memastikan pertumbuhan yang terus berkelanjutan dan memimpin perseroan ke performa lebih baik lagi,” tandas dia.

Sementara itu, Komisaris Matahari Sigit Prasetya menerangkan, selama bekerja sebagai CFO, Richard telah menunjukkan profesionalisme kelas dunia dan kompetensi yang tinggi di bidang ritel. Karena itu pula, Matahari terus bertumbuh lebih kuat.

“Beliau memiliki kemampuan untuk mengambil peranan yang lebih besar sebagai CEO Matahari. Kami yakin Richard akan memimpin Matahari untuk meraih pencapaian lebih tinggi dan Matahari akan mempertahankan posisinya sebagai department store pilihan di Indonesia,” tutur Sigit.


Sumber : BeritaSatu, 28.06.16.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar