10 Agustus 2016

[100816.ID.BIZ] Kelola Pelabuhan, Pelindo Siap Terima Berkah

Jakarta. Sejumlah operator pelabuhan pelat merah menyatakan kesiapannya untuk mengambilalih pelabuhan yang ditawarkan oleh pemerintah. Mereka mengaku tertarik mengambilalih beberapa pelabuhan yang selama ini dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) di area masing-masing. Bahkan secara pendanaan pun sudah dipastikan ketersediaannya.

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I misalnya. Bambang Eko Cahyono, Direktur Utama Pelindo I mengatakan pihaknya tertaik mengambil alih UPT yang beroperasi di kawasan Sumatera. Menurut pantauannya, di daerah tersebut ada sekitar 15 UPT yang bisa diambil allih.

"Pola pengambilannya masih perlu dibicarakan lagi, tapi opsinya mungkin UPT bukan hanya dikelola Pelindo tetapi juga dibeli asetnya oleh Pelindo," terangnya seusai menghadiri rapat di Kementerian BUMN, Rabu (10/8).

Menurutnya dengan cara tersebut akan terjadi pengembalian aset APBN. Namun tak serta-merta semua UPT akan diambilalih Pelindo I.

Kata Bambang pihaknya masih akan mengkaji lagi UPT mana saja yang akan diambilnya. Hanya saja ia memperkirakan secara finansial, perseroan masih memiliki dana sekitar Rp 500 miliar sampai Rp 600 miliar untuk membiayai pengambilalihan tersebut.

Sementara itu Orias Petrus Moedak, Direktur Utama PT Pelindo III mengaku tertarik untuk mengambilalih pelabuhan milik pemerintah di Labuan Bajo. Ia mengaku sudah menyampaikan permintaan tersebut ke Kementerian Perhubungan.

Pelabuhan di Nusa Tenggara itu dinilai memiliki potensi yang cukup besar. "Disana kan kita sudah bangun untuk pariwisata tapi kan ada pelabuhaan yang memang dibawah Perhubungan," tandasnya.

Sumber : Kontan, 10.08.16.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar