21 Agustus 2016

[210816.ID.BIZ] Relokasi Kantor, PT DI Akan Punya Ruang Lebih Luas

Bandung. PT Dirgantara Indonesia (Persero) akan memindahkan kantornya dari Jalan Pajajaran Nomor 154 Kota Bandung ke kawasan Aero City Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

"Saya datang ke sini untuk meminta izin (kepada Gubernur Jabar), suara saat PT DI ini pindah dari Bandung tapi tetap di Jawa Barat, yakni di Kertajati, atas arahan Pak Presiden," kata Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia Budi Santoso, usai bertemu Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Kamis (18/8).

Ia mengatakan alasan Presiden Joko Widodo mengusulkan agar PT DI pindah kantor dari Bandung ke Kertajati, Kabupaten Majalengka agar bisa lebih optimal dalam memproduksi pesawat terbang.
"Waktu kami bertemu Pak Presiden dan beliau bertanya berapa luas tanahnya di Bandung, kami bilang 40-50 hektare. Beliau bilang, 'masa industri kapal terbang 40-50 hektare nanti enggak maju-maju itu'," ujar Budi.

Presiden Jokowi, menurut dia, menilai lokasi Aero City Bandara Internasional Jawa Barat cocok untuk jadi kantor baru BUMN yang memproduksi pesawat terbang pertana dan satu-satunya di Indonesia dan Asia Tenggara ini. Soalnya, ada tanah yang cukup lebar.

Menurut Budi, nantinya luas kantor PT Dirgantara Indonesia di Kertajati, Kabupaten Majalengka akan lebih luas lima hingga enam kali lipat kantor yang di Kota Bandung. Rencana pemindahan kantor PT DI dari Kota Bandung ke Kertajati, Kabupaten Majalengka, baru akan dimulai pada dua tiga tahun mendatang secara bertahap.

"Untuk menyiapkan fasilitasnya juga kan itu tidak cepat, jadi lahannya dulu lah. Kita akan rencananya. Kita setelah Kertajati (Bandara Kertajati) berdiri baru kita akan mulai. Tapi lahannya sudah ada dilu," kata Budi.

Kantor PT DI yang berada di Kota Bandung, lanjut dia, nantinya akan dikembalikan kepada negara jika pindah ke Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyambut baik rencana pemindahan Kantor PT DI dari Kota Bandung ke Kertajati, Kabupaten Majalengka.

"Kita menyambut baik karena bandara ini cukup besar, mungkin luasnya setara dengan Cengkareng (Bandara Soekarno Hatta). Bandara Kertajati dilengkapi aero city dan diantara aero city-nya tersebut ada PT DI yang pindah ke sana," kata dia.


Sumber : Kontan, 18.08.16.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar