30 Agustus 2016

[300816.ID.BIZ] Anggaran KEK Mandalika Diusulkan Masuk KEK Mandalika

Bisnis.com, MATARAM—Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat H Muhammad Amin mendorong pemerintah pusat bisa memprioritaskan anggaran pembangunan KEK Mandalika masuk dalam APBN 2017.

"Itu yang kita harapkan, dana pembangunan KEK Mandalika bisa masuk di APBN 2017," kata Muhammad Amin di Mataram, Selasa (30/8/2016).

Menurut Amin, informasi tidak masuknya anggaran KEK Mandalika di dalam RAPBN Perubahan 2016 tentu kabar tidak baik, bagi perkembangan pariwisata NTB, khususnya KEK Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah.

Sebab, kata Amin, perencanaan pembangunan KEK Mandalika sudah dilakukan sejak lama, bahkan Presiden Joko Widodo sudah menyatakan akan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan kawasan itu Rp1,8 triliun.

Bahkan, saat pertemuan dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya di Kantor Kementerian Pariwisata, pemerintah akan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan KEK Mandalika Rp18 triliun.

Jumlah ini, sebut Wagub Amin, sama dengan nilai yang akan dialokasikan untuk 10 destinasi wisata yang telah ditetapkan pemerintah, seperti Danau Toba, Tanjung Lesung dan Bromo. Sehingga, pada saat itu di totalkan menjadi Rp200 triliun untuk 10 destinasi.

"Nah kalau ini tidak masuk, tentu kita terkejut. Tetapi apakah tidak masuk di APBN ini karena ada program pemangkasan atau ada hal lain, kita belum tahu yang sesungguhnya," kata dia.

Meski demikian, Amin meminta semua pihak di pemerintah provinsi untuk tidak menyerah memperjuangkan anggaran pembangunan KEK Mandalika bersama sembilan destinasi lain untuk tetap menjadi prioritas pemerintah.

Karena itu, dalam waktu dekat pihaknya berencana bersama Gubernur NTB akan menemui Presiden Joko Widodo, untuk menjelaskan dan menunjukkan progres pembangunan KEK Mandalika.

"Dengan catatan saat pemaparan di Presiden semua yang terkait dengan KEK Mandalika sudah harus clean and clear," tegas Muhammad Amin.


Sumber : Bisnis Indonesia, 30.08.16.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar