03 Juni 2014

[030614.ID.BIZ] Garuda Indonesia Resmi Terbang Nonstop ke Eropa


TEMPO.CO, Jakarta - Garuda Indonesia resmi membuka rute penerbangan nonstop Jakarta-Amsterdam per Jumat dinihari, 30 Mei 2014. Peresmian dilakukan Presiden dan CEO PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar pada Jumat dinihari, beberapa menit sebelum pesawat penerbangan perdana lepas landas dari Bandar Udara Soekarno-Hatta.

Hadir dalam peresmian dan pengguntingan pita di antaranya Duta Besar Indonesia untuk Belanda Retno L.P. Marsudi dan Duta Besar Belanda untuk Indonesia Tjeerd F. de Zwaan. »Dengan penerbangan ini, kami sediakan jalan tercepat antara Jakarta-Amsterdam,” kata Emirsyah dalam sambutannya.

Dengan dibukanya rute penerbangan ini, Garuda Indonesia menjadi maskapai pertama yang melayani penerbangan langsung atau nonstop dari Indonesia ke Eropa. Selama ini Garuda Indonesia telah melayani penerbangan rute Jakarta–Amsterdam tapi dengan satu persinggahan di Abu Dhabi dengan menggunakan pesawat Airbus A330-200. (Baca: Akhir Mei, Garuda Buka Rute Jakarta-Amsterdam)

Untuk penerbangan langsung selama 14 jam dan menempuh jarak 14.490 km tanpa henti ini, Garuda Indonesia mengandalkan tunggangannya yang terbaru, yakni Boeing 777-300ER. Pesawat berbadan lebar yang mulai dibeli pada 2013 ini—sudah ada lima unit dan akan menjadi enam pada tahun ini dari sepuluh unit pemesanan seluruhnya—berkapasitas 314 penumpang.

Emir dalam keterangan tertulis sebelumnya mengatakan pengoperasian layanan penerbangan langsung Jakarta-Amsterdam merupakan bagian dari upaya Garuda Indonesia untuk menghadirkan konektivitas tanpa batas (seamless connectivity). Selain itu, penumpang juga akan lebih banyak diuntungkan dengan ketersediaan penerbangan sambungan ke destinasi lain dari Amsterdam yang dilayani oleh anggota SkyTeam, aliansi maskapai-maskapai internasional yang diikuti Garuda Indonesia.

Penerbangan perdana ini mengangkut 225 penumpang. Merel Schulller, seorang mahasiswa asal Belanda, senang dengan adanya penerbangan langsung ini. »Sebelumnya kan harus transit di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Itu bisa makan waktu 1,5 jam sendiri,” katanya.

Retno, yang juga ikut dalam penerbangan perdana tersebut, berharap pembukaan penerbangan langsung ini semakin mendekatkan Indonesia dengan Belanda dalam hal kerja sama di segala bidang. »Selamat buat Garuda,” katanya. (Baca:Garuda Indonesia Akan Buka Penerbangan ke London)

Ketika mendarat di Bandara Schipol, Amsterdam, pesawat Garuda Indonesia mendapat sambutan cukup meriah. Di antaranya selebrasi berupa penyemprotan air ke badan pesawat.

Sumber : Tempo, 30.05.14.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar