14 Juni 2014

[140614.ID.BIZ] Aksi Korporasi: Google Akuisisi Skybox Senilai US$500 Juta

Bisnis.com, JAKARTA-- Google Inc menyatakan mengakuisisi perusahaan satelit Skybox Imaging senilai US$500 juta secara tunai, sekaligus tercatat sebagai akuisisi kedua terbesar terhadap perusahaan teknologi ruang angkasa yang dilakukan perusahaan Internet.

Google menyatakan satelit Skybox akan menyediakan gambar bagi layanan pemetaan online pada Google. Mesin pencari internet nomor satu di dunia itu menyatakan bahwa teknologi Skybox juga bisa digunakan untuk menyediakan akses internet dan membantu dalam upaya penyelamatan saat terjadi bencana.

Akusisi terhadap perusahaan yang berumur lima tahun itu dilakukan saat Google dan pesaingnya, Facebook Inc (FB.O), berlomba memamfaatkan jasa satelit dan perusahaan drone dalam satu upaya berbiaya mahal untuk memperluas jangkauan bisnis mereka sebagaimana dikutip Reuters, Rabvu (11/6/2014).

April lalu Google mengakuisisi Titan Aerospace, perusahaan pembuat drone yang digerakkan tenaga matahari meski nilai transaksinya tidak disebutkan. Google juga telah meluncurkan jaringan kecil berupa rangkaian balon yang didesain untuk mengirim akses Internet di belahan bumi bagian selatan.

Facebook, jaringan sosial Internet nomor 1 dunia, mengumumkan Maret lalu bahwa pihaknya telah menciptakan sebuah "Connectivity lab" khusus yang bertugas mengembangkan satelit, drone dan teknologi lainnya yang bisa digunakan untuk menyambungkan akses Internet kepada masyarakat terisolir di seluruh dunia.

Sumber : Reuters – Bisnis Indonesia, 11.06.14.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar