07 Juni 2014

[070614.ID.BIZ] Indonesia Penyumbang Besar Penjualan Smartphone di Asia Tenggara



JAKARTA _ Indonesia akan terus menjadi pasar yang menggiurkan bagi para produsen asing untuk mengembangkan bisnisnya. Tercatat, pada 2013 Indonesia merupakan pasar smartphone terbesar di Asia Tenggara dengan total penjualan mencapai 14,8 juta unit atau senilai USD 3,33 miliar setara Rp39,4 triliun.

Menurut penyelenggara Indonesia Cellular Show 2014, Dyandra Promosindo, seperti dikutip dari Antara, Rabu (4/6/2014), dengan angka itu, Indonesia berkontribusi sekira 30 persen bagi total penjualan smartphone di Asia Tenggara, diikuti Thailand dan Malaysia, mengutip laporan lembaga riset GFK Asia.

Menurut International Data Corporation (IDC), sebuah lembaga periset pasar internasional, pertumbuhan penjualan smartphone 12 persen dan tablet tumbuh 18 persen dibanding tahun 2013.

Menurut laporan dari eMarketer, perusahaan peneliti pasar, pengguna telefon seluler di seluruh dunia akan mencapai 4,55 miliar tahun 2014 ini, walaupun di satu sisi, penjualan PC diprediksi masih tetap berkutat di angka 6 persen.

Peningkatan pendapatan kelas menengah di Tanah Air menjadi salah satu faktor semakin konsumtifnya masyarakat Indonesia, termasuk untuk produk telekomunikasi yang paling mutakhir.

Sepanjang sejarah perkembangan sektor telekomunikasi di Indonesia, terus terjadi pergeseran dan perubahan kebutuhan maupun selera masyarakat terhadap pilihan ponsel. Hal ini ditunjang pula oleh harga smartphone yang semakin terjangkau.

Sumber : OkeZone, 04.06.14.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar