18 Juni 2014

[180614.ID.BIZ] KAI Semarang Reaktivasi Jalur Kedungjati - Ambarawa


Bisnis.com, SEMARANG - PT Kereta Api Indonesia (Persero) siap melaksanakan reaktivasi jalur lintas Kedungjati-Tuntang-Ambarawa sepanjang 37 kilometer sebagai langkah awal aktivasi jalur ke wilayah Yogyakarta.

Kepala KAI Daop 4 Semarang Wawan Ariyanto mengatakan lintas Kedungjati akan di buka menuju jalur Ambarawa, stasiun yang saat ini berfungsi sebagai museum KA lokomotif satu-satunya di dunia.

“Tahun ini baru akan reaktivasi. Ke depan nyambung ke Yogyakarta dan nantinya akan didorong jalur ke Kudus, Demak, Purwodadi,” ujarnya kepada Bisnis.com, Selasa (17/6/2014).

Urip Sihabudin, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Jateng, berharap reaktivasi lintas Kedungjati-Ambarawa bisa segera di mulai dengan target penyelesaian 2015.

“Kami juga dorong jalur Bedono -Secang ke arah Kota Magelang, kemudian selanjutnya menyambung ke arah Yogyakarta.”

Terpisah, Menteri Perhubungan RI EE Mangindaan mengaku bersama bersama PT KAI terus mendorong untuk pembangunan kembali jalur KA yang sudah mati. 

“Langkah itu sudah dilakukan seperti jalur Bogor – Sukabumi dan di Jawa Tengah segera reaktivasi jalur Ambarawa,” katanya.

Menurutnya, pengembangan transportasi saat ini diarahkan pada optimalisasi KA melalui dukungan pembangunan jalur ganda dan pengaktivan kembali jalur KA yang telah mati.

Sumber : Bisnis Indonesia, 17.06.14 / Kredit Foto : Murthada Kurniawan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar