27 Maret 2016

[270316.ID.BIZ] Pabrik PT KSI Ditargetkan Selesai Q3 2017

JAKARTA. Perusahaan semen hasil konsorsium Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Semen Indonesia dan PT Krakatau Steel ditargetkan beroperasi pada kuartal III 2017. Saat ini, proses pembangunan PT Krakatau Semen Indonesia (KSI) sudah mencapai 9,71%.

Pabrik yang bersebelahan dengan blast furnace complex milik Krakatau Steel ini ini akan mengolah granulated slag menjadi slag powder, yang menjadi bahan baku semen. Nah, granulated slag didapat dari limbah atau sisa pengolahan baja blast furnance milik Krakatau steel.

Sekretaris Perusahaan PT Semen Indonesia Agung Wiharno mengatakan, slag powder itu dapat menggantikan klingker sebagai bahan campuran penguat semen. ”Kita jadi bisa efisien, karena pengolahan klingker itu mahal,” kata Agung kepada Kontan, Minggu (27/3).

Kalau pabrik ini sudah berjalan dapat menggantikan pemakaian klingker mencapai 20%-30%. Agung menjelaskan, komposisi penggunaan klingker untuk produksi semen mencapai 75%-80%. Tapi dengan adanya slag powder, penggunaan klingker bisa berkurang menjadi 50 %.

”Ini target efisiensi kita ke depan. Bisa mengurangi cost produksi,” kata Agung.

Nantinya, pabrik grinding blast furnace slag itu ditargetkan selesai pada kuartal III tahun 2017. Adapun nilai investasi pembangunan pabrik ini mencapai US$ 34,3 juta.

Sebagai informasi, pabrik tersebut berdiri di lahan 40.000 meter persegi di kawasan industri Cilegon milik Krakatau Steel. Adapun kapasitas produksinya mencapai 750.000 ton. Adapun fasilitas lainnya adalah cement mill di Cilegon dengan kapasitas produksi mencapai 1,6 juta ton per tahun.

Sumber : Kontan, 27.03.16.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar