05 Mei 2016

[050516.ID.BIZ] Harga Minyak Dunia Bervariasi Setelah Produksi AS Turun


New York- Harga minyak dunia bergerak bervariasi pada perdagangan Rabu waktu Amerika Serikat (AS) atau Kamis pagi WIB (5/5), di tengah produksi minyak AS pekan lalu turun 100.000 barel per hari.

Persediaan minyak mentah dan bensin AS juga meningkat secara signifikan, namun kenaikan harga minyak AS didukung kebakaran besar di Alberta, Kanada, yang telah mengancam produksi dari wilayah oil sands.

Oil sand atau yang dikenal sebagai pasir minyak atau pasir tar merupakan minyak mentah yang terkandung dalam pasir minyak. Oil sand ditemukan dalam jumlah besar di berbagai negara, namun yang terbesar terdapat di Kanada dan Venezuela.

Patokan AS, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juni US$ 43,78 per barel, naik 13 sen dari penutupan Selasa. Di London, minyak mentah Brent Northe Sea untuk penyerahan Juni, turun 35 sen menjadi menetap di US$ 44,62 per barel.

Departemen Energi AS melaporkan, produksi minyak AS selama pekan lalu merosot lebih dari 100.000 barel per hari ke level terendah sejak September 2014, karena para produsen memotong kembali produksi menghadapi rendahnya harga impor.

Produksi dalam negeri turun menjadi 8,83 juta barel per hari dalam minggu yang berakhir 29 April, dibandingkan dengan 8,94 juta barel seminggu sebelumnya, dan turun 800.000 barel per hari dari puncak Juni lalu.

Impor minyak mentah AS pekan ini naik 110.000 barel per hari, menunjukkan tekanan persaingan dari Arab Saudi dan produsen lainnya yang telah menurunkan harga untuk menahan dan membangun pangsa pasarnya.

Sementara itu, persediaan minyak mentah komersial AS bertambah lebih tinggi, naik 2,8 juta barel, dan persediaan bensin juga meningkat, karena pasokan lokal terus melebihi pertumbuhan permintaan.

Sumber : BeritaSatu, 05.05.16.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar