23 Mei 2016

[230516.ID.BIZ] Belgia Tawarkan Diri Mengelola Pelabuhan Patimban

BANDUNG. Lembaga Ekspor dan investasi Kementerian Perindustrian & Perdagangan Wallonia, Belgia mengemukakan niatnya berinvestasi di infrastruktur Jawa Barat. Hal ini dikemukakan Mitchel Kempernees, Chief Operating Officer Overseas lembaga Belgia tersebut ketika bertemu dengan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar di Bandung, Senin (23/5).

Kunjungan kerja tersebut merupakan lanjutan dari kunjungan Putri Astrid dari Belgia beberapa waktu yang lalu.

"Kami telah membuat kesepakatan dan sekarang waktunya untuk melakukan aksi yang konkret dan kami akan membangun sebuah kolaborasi," kata Kempernees.

Ia menuturkan, dalam kunjungan tersebut ada beberapa hal yang dibahas seperti ketertarikan Belgia untuk bekerjasama dengan Jawa Barat di bidang logistik, pelabuhan baru dan airport di Jabar, agrikultur, regional Aerospace dan Metalurgi.
 
Tapi, dia tidak menyebut nilai investasi yang disiapkan. "Itu tergantung dengan kolaborasi satu sama lain. Yang pasti kerja sama kami di bidang logistik, pelabuhan. Bagaimana mengelolanya dan nanti ada platformnya," kata dia.

Dia mengatakan, tertarik bekerja sama dalam pengelolaan Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang. Seperti diketahui, pelabuhan ini ditargetkan menjadi pelabuhan regional, lalu internasional.

"Kami memiliki pelabuhan yang representatif dan bisa dijadikan contoh," kata Kempernees.

Deddy Mizwar menambahkan, pembahasan lainnya adalah mengenai teknologi pengolahan makanan sampai pengolahan sampah.

Dia bilang, akan tetap mengkaji tawaran Belgia serta menyesuaikan dampaknya dengan lingkungan.


Sumber : Kontan, 23.05.16.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar