10 Mei 2016

[100516.ID.BIZ] ICIJ Buka Data Seluruh Panama Papers


Bisnis.com, JAKARTA -- The International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) mempublikasikan seluruh basis data mengenai surga pajak, termasuk Panama Papers, pada hari ini.

ICIJ menyatakan data itu merupakan publikasi terbesar tentang perusahaan-perusahaan cangkang dan orang-orang di belakangnya. Hal itu termasuk nama-nama pemiliknya.

"Basis data itu menampilkan 300.000 lebih entitas, mulai dari investigasi soal Panama Papers dan Offshore Leaks," demikian ICIJ dalam keterangannya, Selasa (10/5/2016).

Basis data itu memuat informasi mengenai pemilik perusahaan, proksi dan proses intermediasi di dalam yurisdiksi rahasia. Walaupun demikian, ICIJ menyatakan data itu tak mengungkapkan soal rekening bank, pertukaran surat elektronik dan transaksi keuangan yang ada dalam dokumen.

"Aplikasi interaktif mengungkapkan lebih dari 360.000 nama-nama dan perusahaan di balik struktur di luar negeri. Karena data itu berasal dari sumber bocoran dan bukan registrasi terstandard, kemungkinan ada duplikasi sejumlah nama," demikian ICIJ.

Sumber : Bisnis Indonesia, 10.05.16.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar