15 Maret 2015

[150315.ID.BIZ] IMF Kucurkan Dana Talangan US$17,5 Miliar Untuk Ukraina



Bisnis.com, JAKARTA - Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) menyetujui pemberian dana talangan (bailout ) kepada Ukraina.

Menurut salah seorang pejabat di IMF, Dewan menyetujui pinjaman US$17,5 miliar kepada Ukraina. Pinjaman itu akan diberikan secara terpisah. Di akhir minggu ini dan bulan depan, Kiev akan menerima masing-masing US$5 miliar.

Selain mendapatkan bailout dari IMF, Ukraina juga akan mendapatkan pinjaman dari organisasi internasional lainnya mencapai US$7,5 miliar. Kemudian, dari penerbitan obligasi, Kiev diperkirakan mendapatkan US$15,4 miliar lagi. Saat ini, para pejabat sedang menegosiasikannya dengan pemegang surat utang.

“Ukraina telah menjalankan kebijakan yang diminta dan diharapkan. Dengan begitu, program ini dapat dimulai dan kami memulainya dengan baik,” kata Direktur Pelaksana IMF, Christine Lagarde.

 Pemberian bailout terhadap Ukraina dilakukan dalam rangka menstabilkan kembali ekonomi dan nilai mata uang yang terpuruk akibat konflik dengan Rusia terkait batas wilayah.

 Akibat konflik itu, ekonomi Ukraina mengalami keterpurukan. Nilai mata uang menyentuh rekor ke level terendah, suku bunga mencapai yang tertinggi dalam 15 tahun, dan dana cadangan bank sentral hanya sebesar US$,6,4 miliar – tidak cukup untuk menutupi biaya impor selama lima minggu.

 Mengenai terpuruknya ekonomi Kiev, Perdana Menteri  Arseny Yatseniuk optimis ekonomi negara salah satu pecahan Uni Soviet dapat mulai tumbuh pada 2016 setelah menjalankan program ini. Kemudian, sektor keuangan dana masalah kas negara dapat terselesaikan.

Sumber : Bisnis Indonesia, 13.03.15.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar