16 Maret 2015

[160315.ID.SEA] Catat, Kemenhub Putuskan Status BLU 116 Pelabuhan Per Juli

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Perhubungan memutuskan segera 116 pelabuhan UPT yang terletak di enam wilayah Indonesia untuk diubah statusnya menjadi Badan Layanan Umum (BLU) per 1 Juli 2015.

Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Bobby Mamahit mengatakan keenam wilayah tersebut antara lain Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali/ NTT, Maluku dan Papua.

“ Untuk diusahakan sendiri oleh pemerintah. Sudah diproses menjadi BLU,” ujarnya, Senin (16/3/2015).

Dengan BLU, Bobby beharap pelabuhan tersebut manajemen keuangannya jadi lebih baik dan level kesejahteraan pegawainya menjadi lebih baik

Sementara itu, pelabuhan UPT itu pemerintah yang langsung memungut bayaran. “Sekarang mau diubah jadi BLU kalau BLU bisa dipakai langsung uangnya.”

Sebelumnya, Kemenhub menargetkan untuk memberikan status BLU kepada 50 pelabuhan guna mendongkrak pendapatan negara bukan pajak (PNBP).

Saat ini terdapat 2.155 pelabuhan umum di Indonesia yang terdiri dari 114 pelabuhan di bawah pengoperasian PT Pelindo, sedangkan pelabuhan non-Pelindo mencapai 2041 unit. Adapun  terminal khusus untuk kepentingan  sendiri (TUKS) mencapai 934 unit.

Sumber : Bisnis Indonesia, 16.03.15.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar