31 Oktober 2009

[ID-BIZ] 26 Eksportir Nasional Dapat "Primaniyarta 2009"

Oleh : Maria Y. Benyamin

JAKARTA (Bisnis.com): Sebanyak 26 eksportir nasional yang berprestasi menerima penghargaan Primaniyarta 2009 hari ini. Penghargaan itu diserahkan oleh Mendag Mari Elka Pangestu di sela-sela acara pembukaan Trade Expo Indonesia hari ini.

Penghargaan tersebut diberikan kepada 26 eksportir dengan tujuan untuk memotivasi eksportir agar terus meningkatkan ekspornya. Penerima penghargaan ini terbagi atas empat kategori, yakni eksportir berkinerja, pembangun merek global, UKM ekspor, serta eksportir barang dan jasa ekonomi kreatif.

Kriteria utnuk kategori eksportir berkinerja adalah melakukan ekspor selama 5 tahun terakhir secara terus menerus dengan peningkatan nilai setiap tahunnya, dan apabila mengimpor bahan baku nilai ekspornya masih lebih besar dari nilai impornya.

Eksportir penerima penghargaan untuk kategori ini adalah :
- PT Bitratex Industries
- PT Bumitangerang Mesindotama
- PT Cahaya Sakti Furintraco
- PT Eagle Glove Indonesia
- PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk
- PT Indoseco Aroma
- PT Indorama Synthetics Tbk
- PT Insera Sena
- PT LG Electronics Indonesia
- PT Multimas Nabati Asahan
- PT Musim Mas, PT Royal Korindah.

Eksportir pembangun merek global diberikan kepada :
- PT Megasurya Mas
- PT Milenia Furniture Industries
- PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills
- PT Selamat Sempurna Tbk
- PT Sorini Agro Asia Corporindo Tbk
- PT Timah (Persero) Tbk.

Kriteria untuk eksportir ini adalah melakukan kegiatan ekspor selama 3 tahun berturut-turut, produk diekspor dengan menggunakan merek sendiri dan diekspor sedikitnya ke tiga negara.

Enam eksportir lainnya adalah PT Fajarindo Faliman Sipper, PT Ikafood Putramas, PT Kharisma Interplast Pratama, PT Karimun Kencana Aromatics, PT Neka Boga Perisa, dan CV Sanindo Putra mendapatkan pernghargaan kategori UKM ekspor.

Adapun dua eksportir lainnya yakni UD Cococraft Kreasi Gemilang dan CV Dharma Siadja mendapatkan penghargaan kategori eksportir barang dan jasa ekonomi kreatif.

Sama dengan kriteria eksportir lainnya, kedua jenis kategori ini juga menuntut kinerja eksportir yang terus meningkat dalam 3 tahun berturut-turut.(er)

Sumber : Bisnis Indonesia, 28.10.09.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar