14 September 2009

Mulai Minggu, KA Barang Gede Bage - Priok Tidak Beroperasi

Sabtu, 12 September 2009 19:52 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Kereta api angkutan barang akan dihentikan operasionalnya sementara mulai Minggu (13/9) besok. [Ingat ini bahan artkel hari Sabtu 12/9 jadi kata "besok" jadi relatif, red].

"Hari Sabtu ini perjalanan terakhir angkutan barang ke Tanjung Priok. Mulai Minggu besok diliburkan hingga H+8 Lebaran mendatang," kata Kepala Stasiun Peti Kemas Gedebage Bandung Ahmad Sujadi di Bandung, Sabtu.

Menurut Sujadi, penghentian operasional KA angkutan barang ini kebijakan yang diambil PT Kereta Api setiap tahun. Hal itu dilakukan karena PT KA memfokuskan diri mengangkut penumpang mudik Lebaran. Setiap tahun selalu dioperasikan KA tambahan.

"Kebijakan ini sudah diantisipasi, dan perusahaan sudah menyesuaikan diri dengan kegiatan angkutan Lebaran sehingga sebagian perusahaan menggunakan truk meski truk pun dilarang operasi mulai H-7," kata Sujadi.

Ia menyebutkan, saat ini hanya ada satu perjalanan KA Barang dari Terminal Peti Kemas Gedebage ke Pelabuhan Tanjung Priok. Padahal, lima tahun lalu masih ada lima perjalanan KA barat ke pelabuhan internasional di Jakarta itu.

"Angkutan barang turun drastis. Saat ini hanya 7.000 hingga 8.000 ton per hari, padahal lima tahun lalu bisa sampai 34.000 ton per hari," kata Sujadi.

Target Sujadi adalah mengembalikan angkutan barang dari Terminal Peti Kemas Gedebage. Salah satunya melakukan koordinasi dan pemasaran ke kalangan industri di Bandung Raya.

"Ke depan, kami akan melakukan layanan terpadu, termasuk pengurusan dokumen ekspor satu atap di Terminal Peti Kemas Gedebage," tambah Ahmad Sujadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar