28 September 2009

TPKB Tingkatkan Layanan Peti Kemas

Senin, 28/09/2009 17.14 WIB

Oleh : Sirojul Muttaqien

BANDUNG (bisnis.com): Terminal Peti Kemas Bandung (TPKB) meluncurkan layanan door to door service untuk meningkatkan arus pengiriman kontainer dari Bandung Raya ke Pelabuhan Tanjung Priok.

Kepala TPKB Akhmad Sujadi mengatakan layanan ini mencakup pengangkutan barang dari pabrik ke TPKB dengan truk, pengangkutan ke Pelabuhan Tanjung Priok dengan kereta hingga barang masuk ke kapal.

"Kami memiliki dua opsi pengakutan yaitu dengan armada TPKB dan kerja sama dengan perusahaan trucking di Bandung," katanya di sela-sela HUT ke-64 PT KA dan peresmian Monumen Lokomotif hari ini.

TPKB saat ini memiliki dua truk dan sedang menyelesaikan perjanjian penggunaan truk dengan satu perusahaan trucking di Bandung. Dia mengungkapkan tarif door to door service yang dipatok TPKB sebesar Rp2,4 juta per peti kemas ukuran 20 feet.

"Tarif ini lebih murah dibandingkan total biaya sebelumnya yang harus dikeluarkan pengusaha untuk mengirim peti kemas dari Bandung ke Pelabuhan Tanjung Priok sekitar Rp2,6 juta," katanya.

Dia mengatakan peningkatan layanan ini untuk kembali meningkatkan volume kiriman peti kemas di TPKB yang turun signifikan hingga hanya 5.000 TEUs per tahun, padahal pada kurun waktu 1996—2000 volume yang diangkut mencapai 34.000 TEUs per tahun.

"Kami terus meningkatkan pelayanan, baik dari sarana dan prasarana termasuk rencana pembangunan cold storage pada 2010 dan sumber daya manusia yang bekerja di TPKB," katanya. (tw)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar