09 September 2009

Prospek Ekonomi Global Lebih Baik Dari perkiraan

Senin, 7 September 2009 22:21 WIB

BASEL, KOMPAS.com — Ekonomi global sedang stabil dan prospeknya lebih baik dari perkiraan sebelumnya. Demikian para bankir bank-bank sentral terkemuka setelah pertemuan, Senin (7/9).

"Itu sudah diketahui sejumlah proyeksi telah sedikit direvisi naik, mengonfirmasikan bahwa kami mungkin adalah ... keluar dari masa terjun bebas menandai kuartal terakhir tahun lalu dan kuartal pertama tahun ini," kata Jean-Claude Trichet, berbicara atas nama gubernur bank sentral G-10.

"Itu adalah sesuatu yang tampaknya akan dikonfirmasikan di tingkat global—stabilisasi, proyeksi yang lebih baik daripada yang diantisipasi sebelumnya," tambahnya.

Dalam beberapa pekan terakhir, seluruh rangkaian data telah menunjuk keseluruhan perbaikan dalam ekonomi global, tetapi pejabat telah berhati-hati, memperingatkan bahwa setiap pemulihan tetap rapuh, sedangkan pengangguran masih meningkat.

Trichet mencatat, para gubernur bank sentral dari negara industri dan ekonomi berkembang di Bank for International Settlement setuju bahwa "kita sedang mengamati konfirmasi dari beberapa indikator yang lebih baik dari antisipasi sebelumnya."

Namun, bank sentral juga mendesak kehati-hatian. "Kita harus tetap berhati-hati dan berhati-hati bahwa hal itu tidak dikecualikan bahwa kita akan memiliki jalan bergelombang ke depan dan kewaspadaan tetap dari esensi," kata Trichet.

"Kami belum pada tingkat fungsi keuangan global yang dapat kita pertimbangkan normal," tambah Trichet, yang juga Gubernur Bank Sentral Eropa.

EDJ - Sumber : Antara, Kompas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar